Italia Gilas Uruguay 3 – 0

ItaliaTim nasional Italia memetik kemenangan telak 3-0 dalam pertandingan persahabatan melawan kesebelasan Uruguay. Lebih dari hasilnya, performa Gli Azzurri dianggap oleh Giampiero Ventura sudah sesuai dengan yang dia harapkan.

Sebuah gol bunuh diri dari Jose Gimenez, diikuti gol dari Eder Martins dan Daniele De Rossi memastikan Italia menang 3 – 0 di Allianz Riviera, Kamis (8 Juni 2017) dinihari WIB. Kesebelasan Italia tampil dominan di partai ini.

Melakukan penguasaan bola sebesar 53%, Italia melepaskan 22 percobaan dengan tujuh di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Uruguay hanya mencatatkan empat tembakan dan hanya satu yang mengarah ke gawang.

Ventura menilai penampilan timnya mengalami peningkatan secara signifikan, mengingat biasanya Gli Azzurri kurang gereget di laga-laga persahabatan.

“Kemenangan ini menunjukkan bahwa sejumlah target yang kami telah tetapkan perlahan-lahan tercapai. Hal yang paling penting adalah mentalitas, karena biasanya laga-laga persahabatan Italia tidak pernah berakhir dengan baik,” kata Giampiero Ventura.

“Kami punya pendekatan yang tepat, tidak membiarkan sebuah tendangan pun mengarah ke gawang kami, punya enam atau tujuh peluang dan bermain dengan level kebugaran seperti ini,” sambung Giampiero Ventura.

Gli Azzurri bermain dengan formasi permainan baru yakni 4-2-4 di laga ini dan memperlihatkan awal yang baik. Mengenai kemungkinan memakainya sebagai formasi tetap ke depannya, Ventura hanya menyebut masih ada beberapa hal yang harus dibenahi.

“Ada beberapa hal yang harus dibenahi, sayangnya tidak ada banyak waktu untuk memolesnya. Tapi kami sejak awal ingin menunjukkan cara bermain, kesatuan, dan bentuk permainan kami. Saya bahagia, namun di atas segalanya para pemain seharusnya senang,” ujarnya.

“Sebuah tim bagus atau jelek biasanya dinilai pada satu hasil. Padahal sulit untuk membuat sepakbola yang terorganisir seperti ini dalam waktu yang relatif singkat,” demikian kata Giampiero Ventura mengakhiri pembicaraan.

Italia selanjutnya akan berhadapan dengan kesebelasan Liechtenstein di Kualifikasi Piala Dunia 2018 pada 12 Juni 2017 mendatang.

Leave a Reply