Komentar Sadis Sarri Terhadap Kante Berbuntut Panjang

Sarri Kante

Komentar sadis Maurizio Sarri terhadap N’Golo Kante beberapa pekan lalu nyatanya berbuntut panjang, dan mendapat respon negatif dari pendukung setia Chelsea. Posisi Sarri sebagai pelatih menang sedang tidak aman, dan ketika komentar ini datang, bisa dipastikan posisi itu semakin memberatkannya.

Musim ini adalah musim yang baru bagi Sarri, menjabat sebagai pelatih Chelsea, dirinya membawa kembali filosofi Sarriball yang mengandalkan Jorginho sebagai deep lying playmaker, dimana tatik tersebut sempat dimainkan bersama Napoli.

Menariknya disini ketika taktik tersebut merubah posisi Kante yang sebelumnya dikenal sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di Inggris, namun bersama Sarri dia berubah posisi bermain menjadi lebih ke depan. Kante diperintahkan untuk bermain lebih menyerang, dan bisa dikatakan bahwa posisi itu tidak seharusnya dimainkan oleh Kante.

Kepastian ini membuat Sarri mendapat kritik serta penekanan yang luar biasa dari berbagai arah. Dia mengindikasikan Bahwa Kante tidak punya tempat di skuatnya, dan tetap mempertahankan filosofi sepak bolanya.

Demi mewujudkan taktik sempurnanya, Sarri sangat menginginkan pemain kreatif di lini tengah untuk melakukan itu. Artinya, Sarri meminta Kante bermain lebih ke kanan atau ke kiri supaya memberi ruang bagi Jorginho.

“Saya pikir, Kante bisa bermain bersama dengan dua gelandang dan tiga gelandang dalam sepak bola saya, dia sebaiknya bermain di kanan atau di kiri sebab di tengah saya ingin memainkan pemain dengan teknik tinggi,” cetus Sarri.

“Melawan Brighton, Jorginho mencatatkan 161 umpan. Jadi, dalam sepak bola kami, sangatlah penting memiliki gelandang tengah dengan teknik tinggi dan cara berpikir yang cepat supaya dia bisa bermain dengan satu sentuhan.”

Kelemahan Kante di atas adalah berdasarkan kisah Sarri, yakni tidak bisa memainkan umpan satu sentuhan dengan baik. Sarri menambahkan ketika semua umpan yang dilancarkan oleh Kante, maka itu adalah sebuah keputusan yang dibuatnya.

“Kante bisa bermain hebat untuk sesuatu yang berbeda, tetapi tidak untuk bermain dengan satu sentuhan. Ini tidak masuk dalam rencana saya, jadi saya mengharapkan sesuatu yang lebih ada disini.” tutup Sarri.

Mengalir begitu cepat, komentar sinis Sarri itu pun langsung memancing reaksi dari fans Chelsea. Mereka beranggapan bahwa Sarri lah yang tidak mengerti dengan perkembangan dunia sepak bola sekarang, lantas tak banyak fans yang menuntut pihak Chelsea untuk mendepak pelatih kelahiran Italia tersebut.

Leave a Reply