Keyakinan Pelatih Portugal Berbuah Manis

fernando santosSejak awal Fernando Santos sudah memendam optimisme Portugal mampu lolos langsung ke putaran final Piala Dunia 2018. Keyakinan Santos itu akhirnya membuahkan hasil.

Portugal meraih satu tempat di Rusia setelah memenangi partai penentuan kontra Swiss dengan skor akhir 2-0 di Estadio da Luz, Lisbon, Rabu (11/10/2017) dinihari WIB. Kemenangan A Seleccao das Quinas dihasilkan dari gol bunuh diri Johan Djourou di babak pertama dan gol Andre Silva pada paruh kedua.

Hasil tersebut membuat Portugal dan Swiss sama-sama mengkoleksi 27 angka dari 10 laga. Akan tetapi Portugal keluar sebagai juara Grup B lantaran unggul selisih gol. Swiss pun terpaksa finis satu tingkat di bawah dan lebih dulu menjalani play-off.

Sebelumnya Swiss selalu merajai klasemen. Di pertemuan perdana melawan Portugal, mereka unggul dua gol tanpa balas di markas sendiri pada September 2016.

Walau timnya harus selalu berlari mengejar Swiss selama kualifikasi, Santos sejak awal sangat optimis mampu lolos ke Piala Dunia tanpa harus melalui play-off.

“Saya selalu optimistis kami akan mampu bisa melakukannya,” ucap Santos seperti dikutip Reuters.

“Saya yakin pada pemain-pemain saya dan beruntung mereka memberikan saya kado ini,” tambahnya.

“Saat anda memiliki kualitas dan kesatuan, anda selalu satu langkah lebih dekat dengan kemenangan. Selama 90 menit kami belum sempurna, namun untungnya kami unggul dan kami akan terbang ke Rusia,” kata pelatih yang mengantarkan Portugal menjuarai Piala Eropa 2016 itu.

Leave a Reply