Fabio Capello Resmi Pensiun

Fabio Capello telah merasa lelah melatih hingga akhirnya memutuskan untuk pensiun. Berikutnya, Capello cuma akan berprofesi sebagai komentator di stasiun televisi.

Jiangsu Suning merupakan klub terakhir Capello sebelum memilih mundur pada akhir tahun kemarin bersamaan dengan berakhirnya China Super League. Dengan usianya yang telah menginjak 71 tahun, Capello merasa telah mencapai batas.

Kepastian ini sekaligus mengakhiri rumor dia bakal jadi pelatih baru timnas Italia yang butuh nahkoda baru pasca gagal lolos Piala Dunia 2018.

“Saya telah mengatakan jika saya tak mau melatih timnas Italia,” ujar Capello seperti dikutip Soccerway.

“Saya telah mencicipi pengalaman yang sama dengan timnas Inggris dan Rusia. Saya cuma mau melatih satu klub lagi dimana Jiangsu adalah yang terakhir.”

Capello memang telah lebih dari 30 tahun berkecipung di dunia kepelatihan. Sejumlah klub top pernah ia besut macam AC Milan, Real Madrid, AS Roma, dan Juventus. Disamping itu Capello pernah melatih timnas Inggris dan Rusia.

Catatan terbaiknya ialah saat membawa Rossoneri meraih empat gelar Scudetto dan satu Liga Champions, lalu dua kali La Liga bersama Madrid, sekali Scudetto di AS Roma, dan dua gelar scudetto di Juventus.

Secara keseluruhan sudah 841 laga dijalani Capello di tingkat klub maupun timnas dengan 459 kemenangan, 240 imbang, dan 142 kekalahan. Prosentase kemenangannya ialah 54,58 persen.

“Saya telah berbuat semua yang dibutuhkan. Saya merasa senang dengan pencapaian yang saya dapatkan. Saya sangat bahagia dengan apa saya lakukan dan sekarang saya ingin menjalani profesi baru sebagai komentator di televisi. Anda selalu menang dengan peran ini,” tutup Capello.

Leave a Reply